Senin, April 27, 2009

178. Bila Rindu ... Datanglah Kepada Yesus!

Selasa, 28 April 2009
Masa Paskah

Bacaan : Yoh 6, 30-35

Pernahkah anda tertimpa rasa rindu? Rindu pada seseorang, ataupun rindu akan sesuatu? Merindukan sesuatu ataupun merindukan seseorang sesungguhnya adalah sesuatu yang penting, yang seringkali membuat orang bersemangat untuk melakukan sesuatu bahkan yang terlihat mustahil. Kerinduan membangkitkan harapan yang besar di hati orang itu, bahkan kepercayaan yang kuat bahwa sesuatu yang besar bakal terjadi dalam hidupnya.

Yesus dalam Injil hari ini juga menyinggung kerinduan ini, ketika Ia mengatakan kepada mereka yang memintaNya roti yang memberi hidup. Maka kata mereka kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa." Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi”

Kerinduan untuk tidak akan pernah lapar dan tidak akan pernah haus lagi bisa terjawab dengan satu tindakan kecil namun vital ini, yakni datang kepada Yesus. Dengan kata lain, bila anda rindu, apapun saja, dan kepada siapapun 'datanglah dan katakan kerinduanmu itu kepada Yesus', maka hampir pasti jawabannya akan kita temukan segera.

Tetapi, bagaimana caranya datang kepada Dia senantiasa ketika kerinduan itu tiba? Setiap kita hampir pasti dalam hidupnya membuat juga komitmen, janji dan rencana yang digariskan dengan baik untuk dijalankan. Nah, datang kepada Yesus bisa berarti, ketika kehilangan orientasi, kehilangan pegangan, kita diajak untuk berpaling kembali ke janji yang pernah kita buat yang tentu saja sebagai orang beriman, kita sertakan Tuhan dalam janji-janji itu. Mengingat kembali komitmen dan janji serta membaharuinya setiap kali ada kesempatan hening dalam doa, adalah langkah yang tepat untuk mengorientasikan kembali hidup kepada Yesus.

Bukan cuma itu saja, datang kepada Yesus berarti juga mempersembahkan kecemasan, rasa takut, juga kegembiraan dalam percakapan dengan Yesus, dalam doa yang terus menerus denganNya. Dengan cara ini, kerinduan betapapun beratnya, pasti mendapatkan pemenuhannya. Jadi, bila rindu ........... datang dan berkata-katalah dengan Yesus. Anda tak akan kecewa.

Copyright © 27 April 2009 by Ansel Meo SVD

Tidak ada komentar: