Kamis, September 17, 2009

284. Komunitas yang Bertumbuh Dalam Pelayanan

Jumat, 18 September 2009

Bacaan : Luk 8, 1-3

Apa yang terjadi pada masa Yesus, rasanya tak sulit untuk kita temukan juga dewasa ini di sekitar kita. Ambil saja contoh yang terjadi di banyak kongregasi misi dalam pelayanan mereka. Jika ditanya dari mana sumber-sumber yang membiayai banyak kegiatan misi mereka, jawabannya bisa saja terinspirasi oleh bacaan Injil hari ini.

Yesus dalam Injil dilingkungi oleh sebuah komunitas yang sesungguhnya sedang bertumbuh secara luar biasa. Bukan saja kita bicara tentang komunitas kedua belas rasul Yesus, tetapi komunitas yang dilengkapi pula oleh kehadiran banyak kaum wanita, yang menilik nama-nama mereka ternyata berasal juga dari berbagai golongan, yang mendukung pelayanan misi Tuhan Yesus dengan kekayaan mereka. Injil melukiskannya demikian, "Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Mengagumkan sekali menyaksikan keterbukaan untuk membantu pelayanan Yesus? Kita bertanya, "apa sebabnya mereka begitu bersedia membantu Yesus dalam misiNya?" Jawabannya ialah bahwa mereka dipenuhi kegembiraan dan harapan yang besar, bahwa komunitas yang sedang dibangun Yesus adalah komunitas yang mengubah pola pikir dan pola laku para anggotanya. Mereka menyatakan kesediaan untuk berpartisipasi dalam misi Yesus, sebagai bentuk uangkapan terimakasih mereka kepada Tuhan, bahwa Tuhan telah mengubah hidup mereka, memberikan harapan akan dunia baru. Jadi mereka menjadi anggota komunitas yang bertumbuh selalu dalam pelayanan kepada sesama.

Tuhan, tanggapan para wanita yang melayani Engkau sesungguhnya lahir dari iman yang mendalam akan Engkau sebagai Tuhan yang mengubah hidup mereka. Kiranya kami semua menjadi anggota komunitas yang percaya bahwa bersama Engkau Tuhan, kami dapat saling melayani. Amin.

Copyright © 18 September 2009, by Anselm Meo SVD

Tidak ada komentar: