Senin, Desember 01, 2008

40. Bahagia karena Melihat dengan Mata Iman

Selasa, 2 Desember 2008

Bacaan : Luk 10, 21-24

Tentulah sebuah pengalaman yang tak diharapkan oleh murid-murid saat itu. Yesus setelah mengucapkan syukur kepada BapaNya, berpaling kepada para muridNya dan berkata, "Berbahagialah kamu, karena kamu melihat semuanya itu. Banyak nabi dan raja yang ingin melihatNya, tetapi mereka tak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang telah kalian dengar, tetapi mereka tidak mendengarNya."

Menyimak apa yang dikatakan Yesus, kita tentu langsung berpikir bahwa Ia katakan hal itu untuk mengingat betapa beruntungnya para murid Yesus yang mendengarkan Dia, menyaksikan secara langsung karyaNya dan percaya kepadaNya. Saya kira tidak hanya itu, Yesus juga mau mengingatkan bahwa percaya kepada Yesus adalah sebuah kekuatan yang mengubah seseorang, yang memurnikan seseorang.

Para murid yang pernah mendengarkan dan menyaksikan Dia tetapi tak percaya, juga sebenarnya sama nasibnya dengan para pendahulu mereka. Tetapi sebaliknya ketika mereka percaya pada apa yang mereka dengarkan, dan mereka lihat, mereka sebenarnya tengah diubah dan dibaharui.

Begitupun dengan kita saat ini. Sebagaimana murid Yesus saat itu, kita juga diminta untuk memiliki iman untuk mendengar dan melihat peristiwa Yesus dalam alam dan hidup kita. Lebih lanjut meminta Tuhan campur tangan meneruskan karyaNya sendiri, untuk mengubah dunia kita.

Tuhan, kiranya kami memiliki iman yang sederhana tetapi kuat untuk melihat Engkau yang bersabda dan berkarya di tengah kami.

Amin

Copyright © 01 Desember 2008, by Anselm Meo SVD

Tidak ada komentar: