Jumat, Februari 06, 2009

108. Sebuah Panorama "Hari Yesus" yang Penuh Kejutan

Minggu, 08 Pebruari 2009
Minggu V Masa Biasa

Bacaan : Mk 1, 29-39

Markus membawa kita ke Kapernaum untuk menyaksikan bagaimana Yesus mejalankan hari-hari penuh kesibukan baik dalam hal mengajar orang banyak, maupun dalam hal menyembuhkan orang sakit serta menyeimbangkannya dengan saat hening dalam doa kepada BapaNya di tempat yang sunyi. Rupanya itulah panorama yang biasa yang menggambarkan bagaimana Yesus menjalankan hari-harinya selama aktif dalam pewartaan tentang Kerajaan Allah.

Mungkin tak mirip dengan hari-hari dalam pekerjaan dan pelayanan kita dewasa ini, namun baik juga menyimaknya seraya memasukkannya ke dalam hari-hari normal kehidupan kita. Untuk apa? Saya kira bukan cuma untuk membandingkannya saja, tetapi lebih dari itu untuk mendapatkan kekuatan darinya dan memberikan inspirasi bagaimana seyogyannya hari-hari hidup kita dijalani.

Hari-hari Yesus di Kapernaum juga diwarnai oleh satu karakter dasar ini, 'belaskasihan yang tak terbatas bagi yang lemah, yang sakit dan miskin'. Inilah misi yang Yesus emban yang oleh Gereja diteruskan kepada kita.

Injil hari ini mengajak kita tentang bagaimana seharusnya hari-hari hidup kita diisi. Ada karya pelayanan, ada saat refleksi dan doa. Ada saat berada bersama orang banyak, tetapi mesti ada juga saat untuk menarik diri ke tempat yang sepi. Dan seperti halnya komunitas Yesus, hendaknya kita tetap memiliki belaskasihan, simpati dan perhatian kepada yang kecil, yang lemah dan yang sakit.

Tuhan, semoga irama dan kesibukan harian kami tak membuat kami kehilangan berbagai karakter penting yang perlu untuk mengisinya, seperti Engkau dan murid-muridMu telah menjalaninya. Amin.

Copyright © 06 Pebruari 2009 by Anselm Meo SVD

Tidak ada komentar: