Selasa, Januari 27, 2009

98.Yang Menerangi Jalan Kita Menuju Keselamatan

Kamis, 29 Januari 2009
Peringatan St. Yosef Freinademetz

Bacaan : Mk 4, 21-25

Membaca penggalan Injil hari ini, kita bisa langsung mengatakan bahwa Yesus sungguh berbicara tentang diri dan misi yang sedang dibawaNya. Sejak Ia memulai karya pewartaan khabar gembira, Yesus tak pernah lelah menyusuri jalan dan kota-kota di Galilea untuk menyatakan kepada semua yang mendengarNya bahwa Kerajaan Allah sungguh tengah mendatangi manusia. Bukan hanya itu, Yesus dengan pewartaan dan tindakanNya sedang menunjukkan kepada manusia yang menantikanNya, bahwa cinta kasih Bapa tengah merangkul mereka.

Itulah yang diwartakan Markus dalam Injil hari ini. "Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

Yesus sesungguhnya adalah Terang yang tengah datang di dunia untuk memberikan penerangan, orientasi, dan petunjuk kepada siapapun yang menyaksikanNya. Karenanya, tidaklah mengherankan bahwa di manapun Dia berada semua bergerak ke sana, semua ingin menikmati kehadiranNya. Dan itulah hakekat Terang sesungguhnya. Dia adalah Terang yang sejati yang datang untuk menerangi langkah manusia, sebagaimana dikatakan oleh Yohanes dalam prolog Injilnya. Yesus datang bukan untuk mewujudkan misi pribadiNya sendiri, tetapi datang untuk menerangi langkah kaki manusia sepanjang zaman untuk terus berlangkah menuju keselamatan yang kekal.

Merenungkan Injil hari ini seraya mengingat hidup dan karya misi misionaris Serikat Sabda Allah yang dikirim ke tanah Cina, Yosef Freinademetz, kita sebenarnya diajak juga untuk meneropong kembali jejak misi kita dewasa ini. Siapapun kita, baik misionaris yang diutus ke tanah misi maupun setiap orang Kristen sebebnarnya diutus untuk melanjutkan Terang yang adalah Yesus Kristus itu kepada siapapun yang kita jumpai. Dan tugas terang itu adalah terus-menerus memberikan penerangan, orientasi dan petunjuk kepada siapapun. Dan Terang yang kita bawa saat ini tak lain adalah Sang Sabda Allah, yang kiranya kita wartakan sebagai upaya untuk memberikan orientasi kepada siapapun untuk berjalan menuju keselamatan.

Tuhan Yesus Kristus, bersama Santo Yosef Freinademetz yang pestanya kami peringati hari ini, kami ingin membaharui komitmen kami untuk melanjutkan Terang SabdaMu kepada siapapun yang kami jumpai. Kiranya Engkau memberkati karya dan misi kami. Amin.

Copyright © 28 Januari 2009 by Ansel Meo SVD

Tidak ada komentar: