Minggu, Januari 11, 2009

81. Kerajaan yang diwartakan Yesus

Senin, 12 Januari 2009

Bacaan : Mk 1, 14-21

Kita bertemu dengan Yesus yang memulai karya pewartaanNya di depan umum. Dan Ia memulainya dengan menapaki jalan-jalan di daerahNya untuk mewartakan khabar Gembira kepada semua orang. Apakah yang diwartakan Yesus sesungguhnya? Injil hari ini menyatakan bahwa Yesus mewartakan khabar gembira tentang Kerajaan Allah sudah dekat. Bagi kita inilah khabar gembira yang berisi Sabda untuk dipercayai, Sabda yang dengannya manusia bisa mempercayakan diri dan hidup mereka sendiri. Dan Sabda itu tak lain adalah diri Yesus sendiri yang melalui pewartaan dan karyanya menunjukkan kepada manusia bahwa Kerajaan Cinta kasihNya tengah mengunjungi mereka.

Dan memang itulah yang terjadi pada para murid yang pertama. Mendengarkan Yesus yang memanggil mereka di tengah hidup dan pekerjaan mereka, merekapun mempercayakan diri dan hidup mereka kepada Yesus. Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes mendengarkan khabar gembira tentang Kerajaan Allah yang sudah dekat, mereka meyakininya dan menjawab panggilan Yesus dengan menyerahkan diri mereka untuk mengikuti Dia.

Seperti pada masa itu, kepada kita pada saat ini, pengalaman itu terulang. Pengalaman para murid sebenarnya adalah kisah kita. Hanya soalnya, apakah masih ada ruang dan waktu untuk mendengarkan, megikuti dan memutuskan untuk sungguh mengubah hidup.

Tuhan Yesus, semoga saat inipun, kami masih Kautemukan bersedia untuk mendengarkan SabdaMU dan mengikuti panggilanMu. Amin.
Copyright © 11 Januari 2009 by Ansel Meo SVD

Tidak ada komentar: