Senin, Januari 05, 2009

75. Mencari Tuhan Terus Menerus

Selasa, 06 Januari 2009
Pesta Penampakan Tuhan

Bacaan : Mat 2, 1 - 12

Injil Matius hari ini memulai kisahnya demikian, "Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

Para raja dari Timur mencari Kristus Sang Penyelamat dunia yang dalam pengetahuan mereka, Ia lahir sebagai seorang bayi di negeri Israel. Mereka meninggalkan kemapanan mereka sebagai raja dan pergi mencari sampai menemukan Dia yang dicari. Hampir pasti bahwa bersama mereka ada banyak juga banyak abdi atau rombongan raja. Artinya bersama para raja ini ikut serta juga banyak orang yang tentu antusias mencari bersama raja, walaupun mungkin hanya demi pelayanan kepada raja. Jadi sebenarnya peristiwa hari ini adalah sebuah peristiwa yang melibatkan banyak pihak, raja, serdadu, abdi, dan tentu juga para ahli yang mendampingi sang raja. Dan mereka semua datang untuk mencari dan menemukan Yesus Penyelamat dunia.

Apakah pencaharian mereka mudah? Ternyata tidak. Mereka temui banyak hambatan, mereka ditemani petunjuk bintang, yang sering tak selamanya di sana menuntun mereka. Ada saat kegelapan yang menghampiri mereka. Mungkin itulah sebabnya mereka menemui Raja Herodes untuk mencari kejelasan. Tetapi saat kegelapan itulah Tuhan menyapa mereka dan mereka dihantar kepada Yang mereka Cari : Yesus Juruselamat dunia.

Perjalanan rombongan para raja dari Timur ini bisa memberi gambaran kepada kita juga tentang bagaimana perjalanan iman kita. Tak ada sesuatu yang pasti. Beriman akan Kristus, kita alami sebagai sebuah perjalanan, kadang gampang tetapi banyak susahnya. Ada saat gelap dan juga saat gelap. Orang yang kita minta bantuan seringkali membantu dengan tulus, tapi ada juga yang membantu secara licik demi mencapai apa yang mereka dapatkan.

Tapi yang terpenting ialah seperti para raja itu, kita harus mampu keluar dari diri sendiri, dari kenyamanan semu yang kita miliki juga dalam berbagai praktek keagamaan yang telah kita jalankan bertahun tahun lama. Perjalanan iman kita harus tetap difokuskan pada penemuan akan Kristus secara personal. Jadi ada pertanyaan fundamental untuk kita jawab, "Apakah kita telah menemui Kristus secara pribadi, bukan menemuiNya karena aturan, karena hukum dsbnya?"

Itulah pencarian sejati. Mencari untuk menemukan Yesus yang kita jumpai dan kita imani secara pribadi. Mari kita mohon agar pada hari penampakan Tuhan ini, kita diberi rahmat untuk selalu menemukan Dia sebagai Penyelamat kita.

Tuhan Yesus, bintangMu membantu para raja dan rombongan mereka untuk menemui Engkau dan memberikan sujud dan hormat mereka kepadaMu. Kiranya kami juga tak henti-hentinya mencari dan bertemu denganMu dalam perjalanan iman dan rohani kami. Amin.

Copyright © 5 Januari 2009 by Ansel Meo SVD

Tidak ada komentar: