Jumat, Oktober 23, 2009

01 - (I). Dibebaskan oleh Kekuatan Roh Allah

Sabtu, 24 Oktober 2009
Bacaan : Rom 8, 1-11
Orang bisa saja tertawa mendengar bahwa dalam dunia modern sekarang ini, masih saja ada praktek untuk mencelakakan orang lain lewat kekuatan magis. Lihat saja berita di dunia sepakbola, ketika ada orang yang disewa untuk mengguna-gunai Christian Ronaldo, Leonil Messi ataupun David Beckham. Tapi benar juga kalau kita bilang bahwa praktek seperti ini sering mempengaruhi orang secara negatif.
Kehadiran roh jahat dan semua praktek yang melingkunginya sesungguhnya lahir dari sebuah semangat dan keinginan untuk membelenggu orang, mencelakai orang. Dan bukan rahasia lagi kalau ada orang yang memiliki pekerjaan untuk itu dan selalu gembira ketika melihat orang baik berhasil dilukai, dihambat perkembangannya.
Santu Paulus dalam bacaan hari ini memberikan keyakinan baru buat semua yang mengakui Kristus sebagai Tuhan untuk menjadi tidak takut. Kepada orang Roma, ia menulis, "Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. ... Sebab [hal itu] telah dilakukan oleh Allah."
Bagaimana Paulus bisa begitu yakin bahwa orang yang percaya kepada Kristus tidak dibelenggu lagi oleh berbagai kekuatan yang jahat sekalipun? Dasarnya ialah karena Roh Kudus yang dianugerahkan oleh Kristus itu adalah Roh yang menghidupkan. Roh itu adalah kekuatan yang sangat dahsyat. Roh itu tidak mungkin mengarahkan kita kepada dunia kejahatan, tetapi kepada kekuatan Allah yang menghendaki kebaikan untuk semua orang. Roh yang sama inilah yang telah membangkitkan Yesus dari alam maut dan mematahkan segala kekuatan maut. Roh Allah memiliki kekuatan yang bisa membaharui kita.
Sebuah peneguhan yang membesarkan hati. Kendatipun dilingkungi oleh berbagai usaha kejahatan yang bisa menghancurkan kita, sebagai murid Yesus, kita hendaknya selalu ingat dan sadar bahwa pada kita semenjak dibaptis telah ada Roh Allah. Sadarilah selalu akan kehadiranNya dan mintalah selalu penyertaanNya. Roh itu membebaskan kita, dan bukan tidak mungkin orang seperti Ronaldo, Messi dan Beckham memiliki keyakinan seperti ini, sehingga tak pernah gentar menghadapi berbagai ancaman pengaruh roh jahat.
Tuhan Yesus, Engkau datang untuk menganugerahkan kami semua RohMu yang menghidupkan dan membaharui kami. Kiranya kami selalu sadar akan kehadiran dan kekuatanNya dan meminta penyertaanNya dalam hidup kami. Amin.
Copyright © 23 Oktober 2009, by Anselm Meo SVD

Tidak ada komentar: