Minggu, November 16, 2008

25. Mereka Memberitakan Yesus

Senin, 17 Nopember 2008
Lk 18, 35-43
Bagi si buta dalam Injil hari ini, hari pertemuannya dengan Yesus pasti menjadi satu hari yang berbeda dari hari lainnya. Entah sudah berapa dia duduk di sudut jalan di kota Yerikho, tak melihat apapun, tetapi merasakan banyak yang lewat, mungkin ada yang berbelaskasihan lalu memberinya sedekah, mungkin ada yang mencibir dan meludahinya, dan lain sebagainya.

Sesuatu yang lain dialaminya. Ada suasana lain terasa hari itu. Maka ia bertanya, "Ada apa?" dan dijawab bahwa Yesus akan lewat. Seiring dengan gaduhnya massa, iapun meminta, "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku, berilah aku penglihatan." Dan episode pertemuan itu berakhir dengan penglihatannnya kembali, sebuah pengabulan akan doa sederhana tetapi mengena pada kebutuhannya.
Seperti si buta, keseharian kita boleh jadi juga membutuhkan suara dan penyampaian banyak orang yang memberitakan bahwa Yesus ada, Yesus sedang lewat. Itu mungkin sebuah berita biasa, seperti banyaknya berita yang menyinggahi kita seharian. Berita biasa ini akan menjadi luar biasa, kalau kita mengenal kebutuhan dasariah kita sendiri dan membangkitkan keinginan untuk menyampaikan sesuatu kepada Tuhan tentang hidup kita. Sabda Tuhan dan pewartaanNya adalah satu di antara banyak berita yang mampir di telinga kita. Dia akan menghasilkan buah, kalau kita sendiri seperti si buta, tergerak untuk berdoa, berkontak dengan Dia yang lewat.
Tuhan Yesus, seperti si buta di Yeriko, kami membutuhkan orang lain untuk memberitakan khabar tentang Engkau. Terimakasih kami untuk mereka yang menyampaikan khabar baik tentang Engkau dan semoga bersama mereka kamipun mampu mengundang Engkau terlibat dalam hidup dan masalah kami.
Amin.
Copyright © 17 Nopember 2008, by Ansel Meo SVD

Tidak ada komentar: