Selasa, September 01, 2009

272. Perutusan kristen: membawa khabar keselamatan kepada sesama

Rabu, 2 September 2009
Bacaan: Lukas 4, 38 - 44

Kisah perutusan Yesus di Kafarnaum dilukiskan oleh penginjil Lukas dengan menampilkan padatnya karya Yesus di sana. Ada berbagai kegiatan yang Yesus lakukan selama di Kafarnaum. Lukas mencatat dalam perikop singkat ini: keluar dari Sinagoga, masuk rumah keluarga dari muridnya, menyembuhkan orang sakit (baik anggota keluarga maupun orang lain), mengusir roh jahat, berdoa di tempat sunyi, senantiasa berjalan sambil mewartakan/mengajar.

Kegiatan-kegiatan ini menjadi kegiatan rutin Yesus dalam seluruh masa hidupnya di depan umum. Dengan demikian merenungkan perikop singkat ini menghantar kita pada pengenalan akan kurang lebih semua kegiatan Yesus selanjutnya. Dengan demikian kegiatan misi Yesus di Kafarnaum menampilan kegiatan-kegiatan kunci dalam seluruh hidupnya.

Kelihatan sekali bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Yesus amat biasa. Yang menjadi luar biasa adalah buah-buah dari kegiatan yang biasa tersebut. Kehadiran Yesus telah membawa sesuatu yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang menjumpai dia. Orang sakit mengalami kesembuhan, orang yang kerasukan roh jahat diselamatkan, para pendengar menjadi kagum dan mengikutinya.

Karya dan hidup setiap murid Yesus adalah membawa sesuatu yang menyelamatkan bagi orang lain di sekitar. Inilah perutusan setiap orang kristen sebagai kelanjutan dari perutusan Yesus itu sendiri. Senantiasa bergerak dan berjalan sambil mengajar dan membawa khabar keselamatan Allah kepada setiap manusia yang berkehendak baik.

Tuhan, berilah aku semangat untuk membawa khabar keselamatan kepada setiap orang yang aku jumpai dalam perjalanan hidupku ini. Amin

Copyright © 1 September 2009, by Paulus Tolo SVD

Tidak ada komentar: